Senin, 14 Oktober 2019

Jenis Nutrisi


Nutrisi atau gizi adalah zat yang dibutuhkan mahluk hidup sebagai sumber energy, mempertahankan kesehatan, pertumbuhan, dan untuk berlangsungnya fungsi normal pada setiap jaringan dan organ tubuh. Sebanarnya, makanan yang kita konsumsi sehari-hari harus mengandung enam jenis nutrisi yaitu karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, dan air. Karbohidrat, lemak dan protein dibutuhkan dalam jumlah yang banyak sedangkan vitamin dan mineral dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang sedikit.

Karbohidrat, lemak protein dan vitamin merupakan nutrisi organic yang mengandung karbon. Sebaliknya nutrisi anorganik seperti air dan mineral, tidka mengandung karbon. Makanan yang mengandung karbohidrat, lemak dan protein perlu dicerna atau dipecah terlebih dahulu oleh tubuh. Sedangkan air, vitamin dan mineral dapat diserap langsung oleh sel-sel tubuh. Kita akanmenjelaskan mulai dari yang pertama yaitu :

1. Karbohidrat 
Jumlah karbohidrat pada setiap makanan siap saji seperti biscuit yang sering kita temui di supermarket memiliki jumlah karbohidrat yang lebih tinggi daripada jumlah nutrisi lainnya. Setiap molekul karbohidrat terbuat dari karbon, hydrogen, dan oksigen.  

Pengertian dan Jenis-Jenis Nutrisi serta Manfaat dan Fungsinya
Karbohidrat
Karbohidrat adalah sumber utama energy bagi tubuh. Satu gram Karbohidrat menghasilkan 4,1 kilokalori (kkal). Terdapat tiga jenis Karbohidrat yaitu gula, pati dan serat. Gula disebut Karbohidrat sederhana. Contoh makanan yang mengandung gula antara lain buah-buahan, madu, dan susu. Dua jenis karbohidrat lainnya yaitu pati dan serat disebut karbohidrat kompleks. Pati ditemukan dalam umbi-umbian seperti kentang dan makan yang terbuat dari biji-bijian. Serat seperti selusa . ditemukan di dinding sel tumbuhan. Makanan seperti roti gandum atau sereal, kacang-kacangan, sayuran dan buah-buahan merupakan sumber serat yang baik. Serat tidak dapat dicerna oleh seluruh pencernaan makanan pada manusia sehingga dikeluarkan sebagai fases. Dengan demikian, serat bukan merupakan sumber energy bagi tubuh manusia.

Konsumsi karbohidrat terlalu berlebihan dapat menyebabkan penyakit gula atau diabetes. Menurut WHO 246 juta orang didunia mengidap diabetes yang menunjukkan hampir 6 persen dari populasi orang dewasa didunia. Kadar gula darah normal berkisar antara 60-100 mg/dL saat dalam kondisi tidak makan, setelah makan kadar maksimal kurang dari 140 mg/dL.

2. Lemak

Lemak atau lipid diperlukan tubuh karena menyediakan energy sebesar 9,3 kkal/gram, melarutkan vitamin A,D,E,K dan menyediakan asam lemak esensial bagi tubuh manusia. Selama proses pencernaan, lemak dipecah menjadi molekul yang lebih kecil, yaitu asam lemak dan gliserol.

Pengertian dan Jenis-Jenis Nutrisi serta Manfaat dan Fungsinya
Lemak
Lemak merupakan unit penyimanan yang baik untuk energy. Kelebihan energy dari makananyang kita makan akan diubah menjadi lemak dan disimpan untuk digunakan di lain waktu. Berdasarkan struktur kimianya, dikenal lemak jenuh dan lemak tak jenuh. Lemak tak jenuh biasanya cair pada suhu kamar. Minyak nabati serta lemak yang ditemukan dalam biji adalah lemak tak jenuh. Lemak jenuh biasanya padat pada suhu kamar, ditemukan dalam daging, susu, keju, minyak kelapa, dan minyak kelapa sawit. Lemak jenuh yan gberlebih dapat meningkatkan kolesterol darah yang dapat mengakibatkan penyakit jantung dan strok.

3. Protein

Protein dibutuhkan sebagai penghasil energy, untuk pertumbuhan dan mengganti sel-sel tubuh yang rusak, pembuat enzim dan hormone, dan pembentuk antibody (Sistem kekebalan tubuh )Protein merupakan molekul besar yang terdiri atas sejumlah asam amino. Asam aminu terdiri atas karbon, hydrogen, oksigen, nitrogen, dan kadang-kadang belerang.

Pengertian dan Jenis-Jenis Nutrisi serta Manfaat dan Fungsinya
Protein
Protein yang kita makan dapat berasal dari hewan ( protein hewani ) dan dari tumbuhan ( protein nabati ). Bahan makanan yang mengandung protein hewani antara lain daging, ikan, telur, susu dan keju. Bahan makan yang mengandung protein nabati adalah kacang kedelai, kacang hijau, dan kacang-kacangan lainnya. Kacang kedelai sebagai bahan baku pembuatan tahu dan tempe merupakan salah satu sumber protein yang baik.

4. Vitamin

Vitamin dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang sedikit. Meskipun dalam jumlah yang sedikit namun harus ada, Karena vitamin diperlukan untuk mengatur fungsi tubuh dan mencegah beberapa penyakit. Vitamin dikelompokkan menjadi dua yaitu vitamin yang larut dalam air  ( vitamin B dan C ) dan vitamin yang larut dalam lemak ( vitamin A,D,E,dan K ). Khusus vitamin D dapat terbentuk ketika kulit terkena sinar matahari, karena didalam tubuh ada pro vitamin D. 

Pengertian dan Jenis-Jenis Nutrisi serta Manfaat dan Fungsinya
Vitamin
Kekurangan vitamin dalam tubuh dapat mengakibatkan gangguan pada tubuh . salah satu contoh yang sering kita jumpai sehari-hari adalah kekurangan vitamin C. Akibat dari kekurangan vitamin C adalah penyakit sariawan. Untuk pencegahan dan pengobatan penyakit sariawan biasanya disarankan untuk banyak –banyak mengkonsumsi buah-buahan yang asam seperti jeruk, strobery, atau asam jawa. 

5. Mineral

Tubuh manusia memerlukan sekitar 14 jenis mineral, diantaranya  kalsium, fosfor, kalium, natrium, besi, iodium, dna seng. Mineral merupakan nutrisi yang sedikit mengandung atom karbon. Satu jenis makanan yang kita konsumsi ternyata dapat mengandung lebih dari satu jenis zat gizi, misalnya pada susu terkandung protein, lemak serta juga mineral berupa kalsium. 

Mineral berungsi dalam proses pembangunan sel, membantu reaksi kimia tubuh, mengangkut oksigen keseluruh tubuh, dan pembentukan serta pemeliharaan tulang. Beberapa mineral dibutuhkan tubuh kita dalam jumlah yang sangat sedikit sebagian yang lain cukup banyak. Berikut adalah contohnya :

6. Air

Pernahkan kita berolah raga disiang hari yang panas? Apakah yang kita rasakan? Apakah kita merasa haus? Ketahuilah bahwa Air sangat penting bagi tubuh untuk menjaga kelangsungan hidup. Kita tentu lebih dapat menahan lapar daripada menahan haus. Mengapa demikian? Karena sel-sel tubuh kita membutuhkan air untuk beraktifitas. Di samping itu, nutrisi yang masuk kedalam tubuh kita tidak dapat digunakan oleh sel-sel tubuh bila tidak terlarut dalam air.

Pengertian dan Jenis-Jenis Nutrisi serta Manfaat dan Fungsinya
Air
Sekitar 60-80 persen sel tubuh mahluk hidup terdiri atas air. Tubuh kita dapat kehilangan air ketika bernafas , berkeringat, buang air besar maupun air kecil. Kehilangan air tersebut harus segera diganti dengan minum air sebanyak 2 liter atau 8 gelas sehari. Namun, minum air bukan satu-satunya cara untuk memasok sel-sel dengan air karena tenap kita sadari makanan yang kita makan mengandung banyak air. Contohnya adalah Apel mengandung 80 persen air dan daging mengandung 66 persen air.
Air dibuthkan oleh tubuh sebagai pembentuk sel dan cairan tubuh , pengatur suhu tubuh, pelarut zat-zat gizi lain dan pembantu proses pencernaan makanan, pelumas dan bantalan, media transportasi, dan media pengeluaran sisa metabolisme.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hipotensi

Darah rendah atau hipotensi  a dalah kondisi ketika tekanan darah berada di bawah 90/60 mmHg. Hipotensi umumnya tidak berbahaya dan dapat d...